Hello, I'm Glori Ayuni and Enjoy on my blog ❁◕ ‿ ◕❁

Kamis, 10 November 2011

Hari Pahlawan \(´▽`)/

10 November
Ya, hari ini adalah hari pahlawan , hari yang bersejarah buat bangsa Indonesia :)
Kenapa tanggal 10 November bisa dijadiin hari pahlawan ?
Intip bentar nyookkk ..

  • Peristiwa Heroik di Surabaya
      Pada tanggal 25 Oktober 1945, tentara sekutu mendarat di Surabaya di bawah pimpinan Brigjend A . W . S Mallaby. Mereka bertugas untuk melucuti tentara Jepang dan menyelamatkan tawanan sekutu di Surabaya. Pendaratan ini disambut baik oleh rakyat Jawa Timur , bahkan terjadi kesepakatan antara wakil² RI dan pihak sekutu.
     Beberapa kesepakatan itu antara lain :
     1. Inggris berjanji tidak akan menyertakan NICA dalam pasukkannya
     2. Kedua belah pihak akan bekerja sama untuk menjamin keamanan & kententraman
     3. Dibentuk kontak biro agar kerjasama dapat terselenggara dengan baik
     4. Inggris hanya akan melucuti senjata Jepang
     Pihak sekutu mengingkari kesepakatan tersebut bahkan berusaha menguasai obyek² vital yang ada di Surabaya. Terjadilah pertempuran yang menewaskan Brigjend A.W.S Mallaby. Pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran melawan sekutu di Surabaya. Terbunuhnya Jenderal Mallaby merupakan sebab awal terjadinya pertempuran ini. Perlawanan arek² Surabaya dengan dipimpin oleh Bung Tomo , Gubernur Suryo , dan Sungkono yang gagah berani. Sebagai penghormatan atas perjuangan yang dilakukan oleh arek² Surabaya, maka tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan.
                                                    ~~~
Wow, perjuangan yang keren kan?
Harusnya bangga punya sejarah yang keren seperti ini. Perjuangan yang dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa TERKECUALI . Semua ikut berjuang untuk satu hal , KEMERDEKAAN BAGI INDONESIA .

Padahal , bisa aja tuh masyarakat Indonesia jaman dulu nge-biar-in keadaan dimana Indonesia terus di jajah. Tapi , rasa cintanya terhadap Indonesia tetap lebih besar daripada ketakutan mereka kepada para penjajah.
Gue, lo , kita semua adalah SATU . Kenapa SATU ?
~ Kita sama² tinggal di Indonesia
~ Kita sama² mempelajari sejarah Indonesia di sekolah kita masing²
Dan lain²
Terus, apa yang harusnya kita lakukan buat Indonesia ? Tetap bergantung pada keadaan yang ada? Nunggu alm. Munir bangkit dari kubur buat bikin perubahan besar²an di Indonesia? Atau milih ngedumel terhadap pemimpin bangsa yang acut adut ?
Choose your action for Indonesia ~ our lovely country :)

Lakukan SESUATU . Berusaha untuk membenahi Indonesia dengan teknologi yang udah kita kuasai. Kalo jaman dulu kita bisa menang lawan penjajah cuma dengan BAMBU RUNCING , sekarang kita harus bisa lebih dari itu.
Semangat HARI PAHLAWAN teman-teman harus tetap ada di jiwa kita semua.



Once Again ~ Do Something For Indonesia ƪ(˚▽˚)ʃ
Selamat Hari Pahlawan ~

byeee :*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar